Jakarta, CNN Indonesia

PT Freeport Indonesia (PTFI) memastikanĀ smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur, siap beroperasi Juni 2024 mendatang.

Ini merupakan smelter kedua Freeport. Fasilitas pengolahan ini mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt).

Freeport sudah mulai menyelesaikan konstruksinya (commissioning) sesuai target yakni pada akhir Mei 2024, lalu mulai beroperasi di Juni 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Smelter ini merupakan komitmen Freepot Indonesia dalam mendukung hilirisasi yang dicanangkan pemerintah,” tulis FreeportĀ dalam keterangan resmi, Jumat (31/5).

Sebelumnya, Presiden Direktur (Presdir) PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas memastikan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) perusahaan di kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur siap beroperasi Juni 2024.

“Hari ini saya berkunjung ke Smelter untuk memantau perkembangan penyelesaian pembangunan Smelter PTFI. Saat ini kami tengah melakukan proses commissioning yaitu pengujian, percobaan, trial, untuk memastikan peralatan dan sistem yang didesain, diinstal, dan dioperasikan sudah sesuai sebagai upaya menyelesaikan proyek smelter ini untuk selesai secara substansial. Diharapkan pada bulan Juni sudah bisa beroperasi,” ujar Tony saat berkunjung ke smelter Gresik, Sabtu (25/5).

Toni menjelaskan pembangunan smelter merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah mineral dan mendukung kebijakan hilirisasi industri yang dicanangkan oleh pemerintah.

Proyek smelter kedua perusahaan yang dibangun sejak Oktober 2021 ini dirancang mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas peleburan konsentrat tembaga sebesar 1,7 juta ton per tahun, yang menjadikan smelter ini sebagai tempat pemurnian tembaga dengan rancangan terbesar di dunia.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *