Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan bakal menginvestigasi penyebab mati listrik di seluruh wilayah Sumatera pada Selasa (4/6) siang.

Menurut Arifin, investigasi dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti yang membuat aliran listrik terganggu. Tujuannya agar permasalahan serupa tak terjadi lagi di kemudian hari.

“Kita lagi minta di investigasi dan mitigasi ke depannya supaya jangan terulang,” ujarnya dalam bincang media di Gedung Migas, Kuningan, Jumat (7/6).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arifin menekankan yang akan diinvestigasi terutama peralatan yang digunakan. Apabila sudah lama dan tua, maka bisa segera diperbaharui.

“Keandalan peralatan-peralatan perlu untuk dilihat, yang sudah lama-lama itu perlu dievaluasi lagi dan di-empower,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan selain langsung turun ke lapangan untuk menyelidiki, Kementerian ESDM sudah mengeluarkan surat teguran kepada PT PLN (Persero).

“Pak Dirjen Gatrik sudah memberikan surat (teguran). Tim ESDM juga turun,” pungkasnya.

Sebelumnya, Manajer Komunikasi & TJSL PT PLN UID Sumsel, Jambi dan Bengkulu (S2JB) Iwan Arissetyadhi menyebut gangguan pemicu pemadaman listrik itu terjadi imbas masalah yang menimpa transmisi SUTT 275 KV Linggau-Lahat selaku jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera.

Iwan mengungkapkan gangguan pada sistem transmisi tersebut berdampak pada sejumlah daerah di Sumatera mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *