Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan penerbangan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal ditambah dalam rangka upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Budi mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai untuk menambah jumlah penerbangan ke IKN jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pasti, jadi kita memang sudah mengoordinasikan dengan beberapa pihak yang ada di Indonesia apakah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Group, AirAsia untuk melakukan penambahan (penerbangan),” kata Budi di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (16/6), mengutip Antara.

Menurut Budi penambahan penerbangan ke IKN itu penting, mengingat kegiatannya relatif masif dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI.

“Terutama berkaitan dengan kegiatan sejak 1 Agustus di mana kegiatan di IKN relatif masif,” tuturnya.

Budi juga menargetkan Bandara Nusantara Airport dapat digunakan untuk menerima tamu-tamu VIP dan negara pada upacara peringatan HUT RI Agustus mendatang.

“Memang perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus yang menjadileading sector-nya adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres). Kami ditugaskan secara khusus untuk persiapan bandara IKN yang sekarang namanya sudah ditetapkan menjadi Nusantara Airport,” jelas dia.

Ia mengatakan Kemenhub bertugas merampungkan Nusantara Airport pada Agustus nanti, sehingga para tamu VIP dan negara yang datang ke IKN menggunakan pesawat dapat langsung mendarat di bandara tersebut.

Menurutnya waktu tempuh dari Nusantara Airport ke Kawasan Inti Pusat IKN kira-kira hanya memakan waktu 20 menit.

“Kita akan menggunakan bandara tersebut, bapak Presiden RI sudah menyampaikan pula tentu selain menteri, kita akan mengundang seluruh duta besar negara-negara sahabat yang akan terbang dari Jakarta ke IKN,” katanya.

Budi mengungkap saat ini pembangunan Nusantara Airport baru sekitar 50 persen. Menurutnya pembangunan bandara itu menghadapi tantangan curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

“Sejak dua hari yang lalu kita melakukan pengondisian cuaca dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC), dan kemarin saya mendapatkan laporan sudah bagus sehingga percepatan pembangunan bisa dilakukan lebih baik,” jelasnya.

Kendati demikian, Budi mengatakan bahwa pembangunan Nusantara Airport masih sesuai rencana dan dikerjakan dengan baik.

Ia optimistis dengan progress pembangunan yang berjalan dengan baik dan sesuai rencana, bandara ini bisa diuji coba pada Juli 2024.

Bandara IKN mempunyai luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha. Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah lingkungan.

Sebelumnya, pemerintah mempersiapkan dua gelaran upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia tahun ini, yakni di IKN dan Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memastikan akan ada pembagian pejabat ke dua upacara itu.

Muhadjir mengatakan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan ikut upacara di IKN. Adapun Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Jakarta.

Ia berkata pembagian baru dilakukan sejauh itu. Belum ada daftar lengkap pejabat yang upacara 17 Agustus di IKN dan Jakarta.

Meski begitu, ia memastikan para mantan presiden akan diundang. Menurutnya, hal itu menjadi arahan langsung dari Jokowi.

“Pak Presiden merekomendasi pokoknya harus jadi perhatian, tokoh-tokoh itu harus dapat perhatian. Soal nanti di sini atau di IKN nanti belakangan,” ujarnya.

(tim/dmi)


[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *