Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Singapura untuk berinvestasi di sejumlah bidang di Indonesia. Salah satu penawaran investasi itu di bidang manufaktur yakni industri tekstil di Kendal Industrial Park.

Pernyataan itu Jokowi sampaikan dalam rangkaian Leaders’ Retreat bersama Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong dan rombongan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4).

“Telah kita tawarkan beberapa peluang-peluang investasi manufaktur tekstil di Kendal Industrial Park, kemudian ekonomi hijau melalui infrastruktur yang berkelanjutan dan pembangunan pusat data di Nongsa Batam,” kata Jokowi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi juga mendorong kerjasama transfer teknologi dan pertukaran IPTEK pengolahan pangan. Selain itu, ia mengapresiasi antusiasme 29 perusahaan Singapura dalam investasi di IKN.

“Dan saya mengharap dukungan pembangunan PLTS di IKN Nusantara,” imbuh Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan Indonesia mengundang Singapura untuk menjadi pengembang tiga kawasan industri halal yaitu di Bintan, Serang dan Sidoarjo.

Kemudian dalam sektor sosial budaya, Jokowi bersama PM Lee juga membahas penguatan transformasi kesehatan melalui investasi pembangunan rumah sakit dan klinik, pengembangan kapasitas tenaga medis, digitalisasi kesehatan, dan pengembangan KEK kesehatan di Bali.

“Terakhir, kami juga berdiskusi mengenai persoalan isu kawasan dan global. Kami sepakat terus untuk mendorong terciptanya perdamaian di Timur Tengah dan berupaya untuk terus memperkuat sentralitas ASEAN,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan Leaders’ Retreat itu, sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju turut hadir. Di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Kemudian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan Ham Yassona Laoly, hingga Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Sementara itu, dari delegasi Singapura, hadir beberapa menteri. Seperti Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Lawrence Wong, Menteri Senior dan Menteri Koordinator Keamanan Nasional Teo Chee Hean, Menteri Pertahanan Dr Ng Eng Hen, hingga Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan.

[Gambas:Video CNN]

(khr/sfr)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *